Saturday, September 26, 2015

Pengertian Enterprise Resource Planning dan Penerapannya

Tulisan Minggu 1
Andreas Mulyadi      11114133
2KA18

1.      Pengertian ERP
Perencanaan sumber daya perusahaan, atau sering disingkat ERP dari istilah bahasa Inggrisnya, enterprise resource planning, adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.
ERP berkembang dari Manufacturing Resource Planning (MRP II) yang ber-evolusi dari Material Requirement Planning (MRP) yang berkembang sebelumnya. Sistem ERP secara modular biasanya menangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan (inventory), pengapalan, invoice, dan akuntansi perusahaan. Ini berarti bahwa sistem ini nanti akan membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas, dan sumber daya manusia.

2.      Keuntungan Penggunaan ERP

Berikut adalah keuntungan penggunaan ERP:
1.      Integrasi Data Keuangan
2.      Standarisasi Proses Operasi
3.      Standarisasi Data dan Indormasi

Berikut adalah keuntungan yang bisa diukur dari pengunaan ERP:
1.      Penurunan Inventori
2.      Penurunan Jumlah Tenaga Kerja Secara Total
3.      Peningkatan Service Level
4.      Peningkatan Kontrol Keuangan
5.      Penurunan Waktu Yang Diperlukan Untuk Mendapat Informasi


3.      Penerapan ERP Pada Perusahaan

Berikut adalah contoh penerapan ERP pada perusahaan PT. Garuda Indonesia.
PT Garuda Indonesia menggunakan ERP untuk menghubungkan dan mengsinkronisasikan tiap divisi sehingga mengurangi redudansi data, juga untuk  pelaporan pekerjaan tiap divisi ke divisi lain. Pada bagian penjualan proses dimulai dari kostumer datang, kemudian membeli tiket, kemudian memasukkan data tersebut kedalam sistem dan masuk ke dalam database kemudian muncul informasi berupa tampilan laporan penjualan pada bagian keuangan.
Modul modul yang banyak digunakan oleh PT. Garuda Indonesia :
·         SD - Sales & Distribution: membantu meningkatkan efisiensi kegiatanoperasional berkaitan dengan proses pengelolaan customer order (proses sales,shipping dan billing)
·         MM - Materials Management : membantu menjalankan proses pembelian(procurement) dan pengelolaan inventory
·         PP - Production Planning : membantu proses perencanaan dan kontroldaripada kegiatan produksi (manufacturing) suatu perusahaan.
·         QM - Quality Management : membantu men-cek kualitas proses-proses dikeseluruhan rantai logistic
·         PM - Plant Maintenance : suatu solusi untuk proses administrasi dan perbaikan sistem secara teknis
·         HR - Human Resources Management  : mengintegrasikan proses-proses HR mulai dari aplikasi pendaftaran, administrasi pegawai, management waktu, pembiayaan untuk perjalanan, sampai ke proses pembayaran gaji pegawai
·         FI - Financial Accounting  : Mencakup standard accounting cash management(treasury), general ledger dan konsolidasi untuk tujuan financial reporting.
·         CO –  Controlling  : Mencakup cost accounting, mulai dari cost center accounting, cost element accounting, dan analisa profitabilitas
·         AM - Asset Management  : Membantu pengelolaan atas keseluruhan fixedassets, meliputi proses asset accounting tradisional dan technical assetsmanagement, sampai ke investment controlling
·         PS - Project System : Mengintegrasikan keseluruhan proses perencanaan project, pengerjaan dan control
Menurut buku Enterpise Resource Planning: Menyelaraskan Teknologi Informasi dengan Strategi Bisnis ( Wawan, Falahah ). PT. Garuda Indonesia sendiri telah berada pada fase termination, Sehingga dapat disimpulkan penerapan ERP pada PT. Garuda Indonesia berhasil.
Referensi :

No comments:

Post a Comment