Tugas
Minggu 1
Andreas
Mulyadi 11114133
2KA18
1.
Pengertian Organisasi
Organisasi
adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam
ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu,
terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Kajian
mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies),
perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi
(organization analysis).
Sebuah
organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti
penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi
sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik
adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat di
sekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya
manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka
pengangguran. Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu
keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan
seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang
konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota,
orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.
2.
Manajemen Dan Organisasi
Manajemen
adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
Rumusan tersebut mengandung pengertian adanya hubungan timbal balik antara
kegiatan dan kerjasama di satu pihak dengan tujuan pihak lain.
Untuk
dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada
pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang
dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga
dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen
untuk mencapai tujuan.
3.
Tata Kerja
Tata
kerja atau metode adalah suatu cara bagaimana (how) agar sumber-sumber dan
waktu yang tersedia dan amat di perlukan dapat di manfaatkan dengan tepat
sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilakukan dengan tepat pula.
4.
Hubungan Organisasi, Manajemen dan Tata
Kerja
Hubungan
timbal balik antara ketiga hal tersebut adalah :
·
Organisasi : Sebagai alat bantu pencapaian tujuan dan alat bagi pengelompokkan
kerjasama
·
Manajemen : Sebagai proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama
antar manusia
·
Tata Kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut
harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien
Referensi :
1.
Widyatmini, Pengantar Organisasi dan
Metode, Penerbit Gunadarma, Jakarta
No comments:
Post a Comment